Minggu, 23 November 2014

Mentalita Ultra

Stadion Maguwoharjo kadang dari PSS Sleman
Stadion Maguwoharjo kadang dari PSS Sleman

Mentalita ultra adalah sebuah pengorbanan seseorang dengan menuruti semua yang harus dilakukan ultras sebagaimana mestinya. Mentalita sesungguhnya adalah dimana seseorang ultras hanya memfokuskan oikirannya untuk mendukung klub, bukan untuk membuat kerusuhan yang hanya akan merugikan klub.


Dukungan terhadap klub adalah dengan mengapresiasi perjuangan para pemain di lapangan hijau dengan berdiri dan bernyanyi dengan suara selantang mungkin tak peduli walau pita suara hampir putus dan membuat rival berada dalam miniatur neraka. Bukan dengan nyanyian yang cenderung profokatif yang hanya akan memancing konflik yang akan sangat merugikan bagi klub dan tentu saja diri sendiri.

Mentalita sesungguhnya adalah mementingkan dukungan terhadap klub diatas segalanya dan menempatkannya pada prioritas utama tak peduli bagaimanapun keadaannya. Mentalita ultra adalah bagaimana caranya menghadiri pertandingan sesering mungkin. entah laga home maupun away. Seorang mentalita tak akan pernah membiarkan para pahlawannya berjuang sendirian.

Harus tetap hadir dimana pun dan kapan pun tim kebanggaannya berlaga. Jika tak ada uang untuk itu, maka apapun yang bisa dijadikan ung kita jual.. Yang penting cukup untuk transport dan tiket. Tak perlu makan, bisa menyaksikan klub kebanggaannya saja sudah cukup mengenyangkan. para perusuh bukanlah mentalita, mereka hanyalah sampah stadion, mentalita ultra tak akan pernah merugikan klubnya. Mengapa kub rugi ? Bukankah memenangkan kerusuhan itu adalah gengsi tersendiri ? Persetan ! Itu jangka pendeknya. Jangka panjangnya ?Kimdis bisa memebrikan sangksi untuk klub.

Sanksi dapat berupa denda uang, laga tanpa penonton, maupun laga usiran ke luar kota. Sehingga klub jadi pihak yang dirugikan. uang yang seharusnya bisa digunakan untuk membayar gaji pemain pun sia-sia untuk membayar denda. Dukungan yang harusnya da pun sirna karena sanksi pertandingan tanpa penonton.

Seorang mentalita tidak akan pernah bertarung tanpa alasan. Pastikan pertarungan terjadi karena kita dihalang-halangi tuntuk mendukung kebangaan kita. Musuh dari temanmu bukanlah musuhmu, biarkan mereka menyelesaikan masalhnya sendiri. Mentalita ultra yang sebenarnya selalu hadir untuk mendukung kebanggaannya, bukan untuku merugikan klbunya atau hanya jadi benalu di tribun untak hanya sekedar numpang eksis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar